Rabu, 21 November 2012

imun1, YUSRAN HASKAS, Sistem Imun Dan Hematologi


Sistem Imun Dan Hematologi
Oleh : Yusran Haskas
Pengertian Hematologi..
Hematologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah, organ pembentuk darah dan penyakitnya. Asal katanya dari bahasa Yunani haima artinya darah
Pengertian Darah
Darah manusia adalah cairan jaringan tubuh. Fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistemendokrin juga diedarkan melalui darah.

Pengertian Sistem Imun
·         Sistem Imun (bhs Inggris : Immune system) ad/ sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing/serangan organisme termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit.
·         Sistem Imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain spt yang terjadi pada autoimunitas dan melawan sel yg teraberasi menjadi tumor.
·         Sistem Kekebalan/imun ad/ sistem perlindungan pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme.
·         Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta menghancurkan sel kanker dan zat asing dalam tubuh.

Fungsi Sistem Imun
·         Getah bening : berbentuk kacang kecil terbaring di sepanjang perjalanan limpatik, terkumpul dalam situs tertentu spt leher, axillae, selangkangan.
·         Sumsum : semua sel sistem kekebalan tubuh berasal dari sel-sel induk dalam sumsum tulang. Sumsum tulang ad/ tempat asal sel darah merah, sel darah putih (limfosit dan makrofag) dan platelet.
·         Timus : dalam kelenjar timus sel-sel limfoid mengalami proses pematangan sebelum lepas ke dalam sirkulasi. Proses ini memungkinkan sel T untuk mengembangkan atribut penting yg dikenal sebagai toleransi diri.
·         Mukosa jaringan limfoid terkait : di samping jaringan limfoid berkonsentrasi dalam kelenjar getah bening dan limpa, jar limfoid juga ditemukan di temmpat lain spt saluran cerna, sal pernafasan dan sal urogenital.

Mekanisme Pertahanan non Spesifik
·         Dilihat dari caranya diperoleh, mekanisme pertahanan non spesifik disebut juga respons imun alamiah. Yang merupakan mekanisme pertahanan non spesifik tubuhkita adalah kulit dengan kelenjarnya, lapisan mukosa dengan enzimnya, serta kelenjar lain dengan enzimnya seperti kelenjar air mata
·         Demikian pula sel fagosit (sel makrofag, monosit,polimorfonuklear) dan komplemen merupakan komponen mekanisme pertahanan non spesifik.

Mekanisme Pertahanan Spesifik.. ..
·         Bila pertahanan non spesifik belum dapat mengatasiinvasi mikroorganisme maka imunitas spesifik akanterangsang. Mekanisme pertahanan spesifik adalahmekanisme pertahanan yang diperankan oleh sel limfosit, dengan atau tanpa bantuan komponen sistemimun lainnya seperti sel makrofag dan komplemen.Dilihat dari caranya diperoleh maka mekanismepertahanan spesifik disebut juga respons imun didapat.

Mekanisme Pertahanan Spesifik (Imunitas Humoral dan Selular )
·         Imunitas humoral adalah imunitas yang diperankan oleh sel limfosit B dengan atautanpa bantuan sel imunokompeten lainnya.Tugas sel B akan dilaksanakan oleh imunoglobulin yang disekresi oleh selplasma. Terdapat lima kelas imunoglobulinyang kita kenal, yaitu IgM, IgG, IgA, IgD, danIgE. Imunitas selular didefinisikan sebagai suaturespons imun terhadap antigen yangdiperankan oleh limfosit T dengan atau tanpabantuan komponen sistem imun lainnya.

Pembagian Immunglobulin
·         Antibodi A  (bahasa Inggris:I mmunoglobulin A,I gA) adalah antibodi yang memainkan peran penting dalam imunitas mukosis (en:mucosal immune). IgA banyak ditemukan pada bagian sekresi tubuh (liur, mukus, air mata, kolostrum dan susu ) sebagai sIgA (en:secretory IgA) dalam perlindungan permukaan organ tubuh yang terpapar dengan mencegah penempelan bakteri dan virus ke membran mukosa. Kontribusi fragmen konstan sIgA dengan ikatan komponen mukusmemungkinkan pengikatan mikroba.

·         Antibodi D (bahasa Inggris : Immunoglobulin D, IgD) adalah sebuah monomer dengan fragmen yang dapat mengikat  2epitop. IgD ditemukan pada permukaan pencerap sel bersama dengan IgM atau sIga, tempat IgD dapat mengendalikan aktivasi dan supresi sel B. IgD berperan dalam mengendalikan produksi autoantibodi sel B. Rasio serum IgD hanya sekitar 0,2%.

·         Antibodi E (bahasa Inggris: antibody E, immunoglobulin E,IgE ) adalah jenis antibodi yang hanya dapat ditemukan pada mamalia. IgE memiliki peran yang besar pada alergi terutama pada hipersensitivitas tipe 1. IgE juga tersirat dalam sistem kekebalan yang merespon cacing parasit (helminth)seperti Schistosoma mansoni, Trichinella spiralis, dan Fasciola hepatica, serta terhadap parasit protozoa tertentu seperti Plasmodium falciparum, dan artropoda.

·         Antibodi G (bahasa Inggris:Immunoglobulin G,IgG) adalah antibodi monomeris yang terbentuk dari dua rantai berat dan rantai ringan, yang saling mengikat dengan ikatan disulfida dan mempunyai dua fragmen antigen-binding. Populasi IgG paling tinggi dalam tubuh dan terdistribusi cukup merata di dalam darah dan cairan tubuh dengan rasio serum sekitar 75% pada manusia dan waktu paruh 7 hingga 23 hari bergantung pada sub-tipe.

·         Antibodi M (bahasa Inggris: Immunoglobulin M, IgM, macroglobulin) adalah antibodi dasar yang berada pada plasma B. Dengan rasio serum 13%, IgM merupakan antibodi dengan ukuran paling besar, berbentuk pentameris 10 area epitop pengikat, dan teredar segera setelah tubuh terpapar antigen sebagai respon imunitas awal (en:primarimmuneresponse)pada rentang waktu paruh sekitar 5 hari. Bentuk monomeris dari IgM dapat ditemukan pada permukaan limfosit-B dan reseptor sel-B. IgM adalah antibodi pertama yang tercetus pada 20 minggu pertama masa janin kehidupan seorang manusia dan berkembang secara fitogenetik (en:phylogenetic). Fragmen konstan IgM adalah bagian yang menggerakkan lintasan komplemen klasik.

2 komentar:

  1. Salah satu merk produk komersial yang membantu perbaikan sistem imun adalah Stimuno untuk balita/anak dan forte untuk dewasa. Sebagai imunomudulator, stimuno memiliki Kontraindikasi, yakni stimuno jangan (tidak boleh) diminum oleh wanita hamil, ibu menyusui, pasien dengan hipersensitivitas terhadap tanaman meniran (Phyllanthus niruri) dan pasien yang menderita penyakit autoimun.

    BalasHapus
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus